Beranda | Artikel
Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu (Ustadz Fariq Gasim Anuz)
Sabtu, 8 April 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Fariq Gasim Anuz

Kajian oleh: Ustadz Fariq Gasim Anuz

Kajian ini diambil dari buku karya beliau sendiri yang berjudul “Abu Bakar Ash-Shiddiq, Kepemimpinan dan Kelembutan Akhlak Pembela Nabi”. Pada kesempatan kali ini beliau akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan “Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq“. Semoga bermanfaat.

(Simak juga kajian yang lainnya: Melepas Jeratan dari Dosa Tersembunyi)

Ringkasan Kajian: Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu

Namanya adalah Abdullah bin Utsman (Abi Quhafah) bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihir Al-Quraisyi At-Taimi. Nasabnya bertemu dengan nasab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada kakeknya yang keenam, yaitu Murrah bin Ka’ab. Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu berasal dari Bani Taim, sedangkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Bani Hasyim. Keduanya sama-sama dari Quraisy.

Ummul Khair, ibu Abu Bakar radhiyallahu ‘anhuma bernama Salma binti Shakhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murah bin Ka’ab, Ibu Abu Bakar tersebut sepupu dua kali dengan ayah Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu.

Dibanding usia Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar jauh lebih muda yaitu sekitar 2 tahun lebih. Namun, keduanya wafat sama-sama di usia 64 tahun dan di hari Senin.

Abu Bakar dilahirkan di kota Makkah dan wafat di Madinah. Beliau dimakamkan di samping makam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sahabat Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu mendapat julukan Ash-Shiddiq.

Simak penjelasan lengkapnya mengenai “Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Fariq Gasim Anuz berikut ini.

Download dan Dengarkan Kajian: Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu


Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26506-biografi-abu-bakar-ash-shiddiq-radhiyallahu-anhu-ustadz-fariq-gasim-anuz/